Sabtu, 28 November 2015

KHASIAT TOMAT INDIGO ROSE

KHASIAT TOMAT INDIGO ROSE


tomat indigo rose
Jika selama ini tomat identik dengan warna merah dan hijau, namun tomat ini berbeda dengan tomat yang lainnya yaitu berwarna ungu. Dialah tomat indigo rose, tomat jenis baru yang berasal dari Cile. Tomat ini memiliki nama latin Solanum lycopersicum. Sejak kemunculannya sebagai varietas baru, banyak petani mulai membudidayakan tomat ini karena khasiatnya yang bagus untuk kesehatan.
Ciri khas tomat ini yaitu memiliki warna merah gelap keunguan. Rasanya hambar dan tidak manis, namun bermanfaat untuk obat. Kandungan zat antosianin sangat berguna untuk melawan penyakit kanker dan diabetes. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan serta stres. Menurut peneliti, antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat bertahan lebih lama dari tomat biasanya yaitu selama 48 hari. Penyebabnya adalah karena pigmen alami yang terkandung di tomat jenis baru ini mampu memperlambat proses pembusukan sekaligus mampu menciptakan rasa tomat yang lebih lezat.
Untuk membudidayakan tomat ini sangatlah mudah karena seperti menanam tomat biasa. Hanya saja sedikit memerlukan perawatan khusus, yaitu saat tanaman tomat sudah mulai tumbuh hingga berbunga harus ditempatkan pada tempat yang teduh tapi tetap terkena sinar matahari yang cukup. Kemudian setelah tomat mulai berbuah harus ditaruh ditempat yang terkena sinar matahari langsung. Apabila buah tomat kurang terkena sinar matahari maka perubahan warna tidak sempurna. Warnanya tidak bisa berubah menjadi merah gelap keunguan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar